MAKALAH
SEJARAH
BERDIRINYA PONDOK PESANTREN SURYALAYA
Diajukan Untuk Memenuhi Salah
Satu Tugas Mata kuliah Tasawuf II
Di Susun Oleh :
|
||
Nama
|
:
|
Enjang Aa Kusmayadi
|
Npm
|
:
|
1310034
|
Kelas
|
:
|
Manajemen A
|
Semester
|
:
|
III
|
|
|
|
SEKOLAH TINGGI ILMU
EKONOMI LATIFAH MUBAROKIYAH
PONDOK PESANTREN
SURYALAYA TASIK MALAYA
Tlp./Fak : (0265) 455808/0265453208
SEJARAH BERDIRINYA PONDOKPESANTREN SURYALAYA
LATAR BELAKANG BERDIRINYA PONDOK PESANTREN SURYALAYA
Syariat Islam dalam arti luas memiliki tiga dimensi
yang seimbang dan sama pentingnya, yaitu Islam, Iman
dan Ihsan. Dimensi Islam banyak dibahas dan dikupas dalam
buku buku tentang ilmu fiqih. Dimensi keimanan banyak dikaji dalam disiplin
ilmu tauhid dan ilmu kalam, sedangkan dimensi Ihsan banyak dihuraikan secara
mendalam dalam ilmu akhlak dan tasawuf.
Abdullah Mubarok yang mempunyai
semangat mencari ilmu dan riyadhah amaliyah yang kuat, mempelajari syariat
Islam dan ketiga dimensinya itu. Namun, dalam perjalanan hidupnya yang makin
dewasa, ia makin tertarik untuk mempelajari ilmu tasawuf dan tariqah. Dan
bidang tariqahlah yang akhirnya menjadi pilihannya. Tariqah yang ditekuninya
adalah Tariqah Qadiriyyah Naqasyabandiyyah (TQN). Beliau berguru kepada Syekh
Tholhah di desa Kalisapu dan kampung Trusmi Cirebon, dan bertabarruk kepada
Syekh Kholil di Bangkalan, Madura. Kedua gurunya itu dikenal sebagai Guru Besar
TQN pada zamannya.
Abdullah Mubarok menyedari bahawa
ilmunya harus diamalkan, kerana ilmu tanpa amal ibarat pohon tanpa buah. Ilmu
juga menuntut pemiliknya untuk disebarkan, baik dengan cara ditanya oleh orang
lain murid, peminat atau jamaah mahupun dengan cara berdakwah, tabligh,
pengajian pengajian, atau melalui pendidikan.
Untuk itulah, KH. Abdullah Mubarok bin
Nur Muhammad yang akrab dipanggil Abah Sepuh berhasrat untuk pertama kalinya
menyelenggarakan pengajian yang dimulai sekitar tahun 1890. Hasrat ini dapat
dikatakan sebagai perletakan batu dasar bagi pendidikan dan dakwah Islam yang
berpandukan ihsan (TQN) di Priangan Timur. Saat itu beliau berusia 54 tahun,
dengan penguasaan ilmu agama Islamnya yang cukup matang.
Pengajiannya yang pertama
disampaikannya di Kampung Tundangan dan diikuti oleh jamaah dan pengikut yang
belum banyak sehingga partisipasi masyarakat dalam pengajian pun belum ramai
dan kurang berkembang. Mungkin kerana Tundangan kurang strategik dan terpencil
sehingga sarana pengangkutan agak sulit, atau kerana adanya kecurigaaan
masyarakat setempat terhadap ilmu dan ajaran yang disampaikan
oleh KH.
Abdullah Mubarok bin Nur Muhammad. Maka untuk sementara waktu beliau beserta
keluarganya pindah ke Rancameong. Beliau tinggal di rumah H.Tirta.
Selanjutnya untuk meneruskan
perjuangannya, Abah Sepuh pindah ke kampung Cisero. Namun kerana keadaannya
hamper sama,
kemudian pengajian itu pindah lagi sekitar tahun 1901 atau 1902,
pada waktu beliau berusia 65 dan 66, ke kampung Godebag yang
terletak di tepi sungai Citanduy bahagian hulu. Kampung ini termasuk
Desa Tanjungkerta Kecamatan Tarikolot yang waktu itu merupakan
wilayah administrasi Kabupaten Sumedang. Meskipun sepi di
pergunungan yang bersemak-semak dan di hulu sungai, Kampung
Godebag dekat dengan jalan hidup iaitu jalur tembus Ciawi-Penumbangan-Panjalu,
Kawali-Kuningan-Cirebon. Pada tahun
1905, atau tatkala Abah Sepuh berusia 69 tahun, di
kampong Godebag
inilah, baru didirikan sebuah pondok pesantren dengan nama
Pondok Pesantren Suryalaya. Pondok pesantren ini merupakan
lembaga pendidikan Islam sebagai sarana dan tempat mengaji,
mengkaji, dan menyebarkan ajaran Islam dengan berbagai dimensinya
khususnya Tariqah Qadiriyyah Naqsyabandiyah.
Modal pertama Pondok Pesantren
Suryalaya berupa masjid yang dijadikan tempat mengaji dan mengajarkan TQN.
Masjid itu dibangun atas restu Syeikh Tholhah. Gelaran bakal pesantren itu
diberi nama “Patapan Suryalaya Kajembaran Rahmaniah”; singkatannya “Suryalaya”. Masjid itu dirasmikan pada tanggal 7 Rajab 1323 H bersamaan 5 September
1905 M. Tarikh tersebut kemudian dijadikan tarikh kelahiran (milad) Pesantren
Suryalaya. Meskipun nama Godebag terkait dengan banyak peristiwa penting,
sehingga bagi sebahagian orang memberi kesan yang cukup mendalam, namun nama
Suryalaya itu selanjutnya lebih dikenal umum dan lebih masyhur.
Masa awal perjalanan Pondok Pesantren
Suryalaya sebagai lembaga pendidikan Islam dengan ciri khusus dan keistimewaan
pengajian, pengamalan, dan pengembangan TQN tidak berjalan begitu sahaja,
kerana adanya salah fahaman dikalangan masyarakat, ditambah kebijakan
pemerintah kolonial Belanda yang kurang mendukung berkembangnya tariqah pada
umumnya.
SEJARAH
DATANGNYA TARIQAH QADIRIYYAH NAQSYABANDIYYAH DI PONDOK PESANTREN SURYALAYA
Tariqah
Qadiriyyah Naqsyabandiyyah singkatan TQN secara menyeluruh merupakan intisari
seluruh ajaran Islam (Islam Kâffah); dalam segala aspek
kehidupan. Dan tujuan TQN adalah tujuan Islam itu sendiri.
Menurut sumber utamanya, Al-Quran,
Islam sebagai agama diturunkan untuk membawa umat manusia ke jalan yang lurus,
jalan keselamatan yang bertujuan mencapai kesejahteraan di dunia dan
kebahagiaan di akhirat (hasanah fid-dunya
dan hasanah
filakhirah).
Dalam tradisi tariqah, tujuan TQN
dilukiskan secara jelas dalam doa yang diucapkan setiap orang yang hendak
melakukan amalan yang paling penting, iaitu Zikrullah. Doa dimaksudkan ialah sebagai berikut:
Yang artinya : “Tuhanku, Engkaulah yang menjadi tujuanku, dan keridhaanMulah
yang aku cari, berikanlah kepadaku kemampuan mencintaiMu dan
makrifah kepadaMu”
Dalam doa awal zikrullah, sebagaimana
tertulis di atas, terkandung intisari ajaran Islam secara dasar bahawa Allahlah
yang menjadi maksud dan tujuan akhir hidup manusia. Doktrin teologi Islam
dijelaskan bahawa manusia pada awal kejadiannya berasal dari Allah, kini sedang
berada di bumi Allah dan akhirnya akan kembali kepada Allah. Semua manusia akan
kembali kepada Allah, tetapi apakah ia akan kembali kepada redha Allah, atau
kepada azab Allah. Dalam doa tersebut selanjutnya dijelaskan
bahawa
keredhaan Allahlah (mardhatillah) yang hendak dicari.Dalam perlaksanaannya, keredhaan Allah hanya dapat
dicari dengan taqarrub. Taqarrub kepada Allah ertinya mendekatkan diri kepada Allah melalui
zikrullah, baik zikrullah dalam erti umum mahupun dalam erti khusus.
Adapun yang termasuk zikrullah yang
disebut pertama; misalnya solat, zakat, puasa, haji, membaca Al-Quran, atau
berbagai aktiviti manusia yang dasarnya tauhidullah, berdasarkan kepada redha
Allah, dan dilakukan secara ikhlas kerana Allah.
Sedangkan
yang dimaksud zikrullah dalam erti khusus adalah mengucapkan Kalimah Tayyibah secara
zahir dan batin, dengan penuh penghayatan, Tadharru’
dan Khusyu’
di bawah bimbingan seorang mursyid melalui talqin.
Ini dapat dilakukan secara perseorangan (munfarid) ataupun secara berjamaah;
diucapkan secara Jahr atau Khafi, dengan tujuan berada sedekat mungkin di sisi Allah.
Nabi saw bersabda:
“Jadilah kamu bersama Allah. Jika tidak, beradalah bersama
orang yang bersama Allah.”
1.
Dalam upaya menggapai maksud yang begitu luhur
tadi, iaitu keredhaan Allah, seorang “salik” hendaklah berdoa dengan doa
sebagai terlukis dalam awal ibadah zikir tadi “Berilah aku kemampuan, ya Allah, untuk mencintaiMu dan makrifah
kepadaMu. Sebab tanpa hidayah dan pertolongan Allah, mustahil
seseorang mempunyai kemampuan untuk bertaqarrub kepadaNya, lebih-lebih untuk
dapat sampai kepada keredhaanNya.
TQN, sebagai ajaran, bukanlah sesuatu
yang baru. Ia adalah ajaran yang kemunculannya seiring dengan kemunculan Islam
itu sendiri, iaitu “Tauhîdullâh”, mengesakan Allah. Doktrin ini kemudian
ditanamkan oleh Mursyid-ul-Awwal, yaitu Nabi Muhammad saw, di dalam hati setiap sahabat, lalu dihayati,
dirasakan dan buahnya dibuktikan dalam perlaksanaan kehidupan kesehariannya
secara seimbang. Dalam istilah tasawuf, orang yang mampu menerapkan tauhidullah
dalam kehidupannya secara seimbang disebut Insan Kamil (Manusia Sempurna).
Secara organisasi, TQN dapat dipandang
sebagai sesuatu yang baru, kerana dalam istilah, ini TQN bererti kumpulan
orang-orang yang melestarikan dan mengamalkan ajaran guru mursyidnya; dalam hal
ini adalah Sultan-ul-Auliya Syeikh Abdul Qadir Al- Jilani qaddasa Allahu sirrahu dan Syekh
Bahauddin An- Naqsyabandi, dalam segala aspek kehidupannnya. Secara teosofi,
TQN bererti gabungan inti ajaran tasawuf, antara Tariqah Qadiriyyah dan
Naqsyabandiyyah. Tokoh yang telah berjasa menggabungkan inti ajaran kedua
tariqah tersebut adalah seorang sufi besar tanah haram, Syekh Ahmad Khatib Ibnu
Abdil Ghafar As-Sambasi Al-Jawi, yang wafat di Mekah pada tahun 1878 M. Beliau
adalah seorang ulama besar asal Indonesia yang tinggal sampai akhir hayatnya di
Makkah.
Ajaran TQN dibawa ke Indonesia, antara
lain oleh tiga orangkhalifah Ahmad Khatib Sambas sendiri, iaitu Syeih Abdul
KarimAl-Bantani, Syeikh Tholhah Al-Cireboni, dan Syeikh Al-Hasbu Al-Maduri.
Adapun KH Ahmad Shohibul Wafa Tajul Arifin
mengambil tariqah dari ayahnya, Syeikh Abdullah Mubarok binNur Muhammad,
dari Syekh Tolhah Cirebon. Sedangkan Syekh Tolhah secara langsung mengambil
tariqah ini dari Syekh Ahmad Khatib Sambas.
Secara
skema, sanad dan silsilah TQN dapat dilihat dalam rajah berikut:
Abdullah Mubarok menyedari bahawa
ilmunya harus diamalkan, kerana ilmu tanpa amal ibarat pohon tanpa buah. Ilmu
juga menuntut pemiliknya untuk disebarkan, baik dengan cara ditanya oleh orang
lain murid, peminat atau jamaah mahupun dengan cara berdakwah, tabligh,
pengajian pengajian, atau melalui pendidikan.
Dalam tradisi tariqah, tujuan TQN
dilukiskan secara jelas dalam doa yang diucapkan setiap orang yang hendak
melakukan amalan yang paling penting, iaitu Zikrullah. Doa dimaksudkan ialah sebagai berikut:
yang aku cari, berikanlah kepadaku kemampuan mencintaiMu dan
makrifah kepadaMu”
Sedangkan
yang dimaksud zikrullah dalam erti khusus adalah mengucapkan Kalimah Tayyibah secara
zahir dan batin, dengan penuh penghayatan, Tadharru’
dan Khusyu’
di bawah bimbingan seorang mursyid melalui talqin.
Ini dapat dilakukan secara perseorangan (munfarid) ataupun secara berjamaah;
diucapkan secara Jahr atau Khafi, dengan tujuan berada sedekat mungkin di sisi Allah.
Nabi saw bersabda:
1.
Dalam upaya menggapai maksud yang begitu luhur
tadi, iaitu keredhaan Allah, seorang “salik” hendaklah berdoa dengan doa
sebagai terlukis dalam awal ibadah zikir tadi “Berilah aku kemampuan, ya Allah, untuk mencintaiMu dan makrifah
kepadaMu. Sebab tanpa hidayah dan pertolongan Allah, mustahil
seseorang mempunyai kemampuan untuk bertaqarrub kepadaNya, lebih-lebih untuk
dapat sampai kepada keredhaanNya.
TQN, sebagai ajaran, bukanlah sesuatu
yang baru. Ia adalah ajaran yang kemunculannya seiring dengan kemunculan Islam
itu sendiri, iaitu “Tauhîdullâh”, mengesakan Allah. Doktrin ini kemudian
ditanamkan oleh Mursyid-ul-Awwal, yaitu Nabi Muhammad saw, di dalam hati setiap sahabat, lalu dihayati,
dirasakan dan buahnya dibuktikan dalam perlaksanaan kehidupan kesehariannya
secara seimbang. Dalam istilah tasawuf, orang yang mampu menerapkan tauhidullah
dalam kehidupannya secara seimbang disebut Insan Kamil (Manusia Sempurna).
Ajaran TQN dibawa ke Indonesia, antara
lain oleh tiga orangkhalifah Ahmad Khatib Sambas sendiri, iaitu Syeih Abdul
KarimAl-Bantani, Syeikh Tholhah Al-Cireboni, dan Syeikh Al-Hasbu Al-Maduri.
Adapun KH Ahmad Shohibul Wafa Tajul Arifin
mengambil tariqah dari ayahnya, Syeikh Abdullah Mubarok binNur Muhammad,
dari Syekh Tolhah Cirebon. Sedangkan Syekh Tolhah secara langsung mengambil
tariqah ini dari Syekh Ahmad Khatib Sambas.
1. Allah swt
2. Jibril ‘alaihissalam
3. Muhammad saw
|
|
QADIRIYYAH
|
NAQSYABANDIYYAH
|
4. Ali bin Abu Thalib 4. Abu Bakar Siddiq ra.
5. Husain Ibn ‘Ali 5.
Salman Al-Farisi
6. Zainal Abidin
6. Qasim Ibnu Muhd Ibn Abu Bakar
7. Muhammad Baqir 7. Imam Ja’far Al-Sadiq
8. Ja’far Al-Sadiq 8.
Abu Yazid al-Bustam
9. Musa Al-Kazhim 9. Abu Hasan Kharqani
10. Ali Ibnu Musa al-Ridha 10. Abu Ali
Al-Farmadi
11. Ma’ruf al-Karkhi 11.
Syekh Yusuf Al-Hamdani
12. Sirri Al-Saqati 12.
Abdul Khaliq Al-Gazdawi
13. Abu Al-Kasim Junaid 13. Arif Riya
Qari Al-Baghdadi
14. Abu Bakar Al-Sibli 14.
Muhammad Anjari
15. Abdul Wahid Al-Tamimi 15. Ali Ramli
Tamimi
16. Abu Al-Farraj Al-Turtusi 16. M. Baba Sammasi
17. Abdul Hasan Ali Al- 17. Amir KulailiKarakhi
18. Abu Sa’id Mubarok 18. Bahaudin
an-Naqsyabandi Al-Majzumi
19. Syekh Abdul Kadir 19. M.
Alauddin al-Tari Al-Jailani
20. Abdul Aziz 20.
Ya’qub Jareki
21. M. Mattaq 21.
Ubaidillah Ahrari
22. Syamsuddin 22.
M. Zahidi
23. Syarifuddin 23. Darwisi Muhammad Baqibillah
24. Nuruddin 24.
A. Faruqi Al-Sirhindi
25. Waliyuddin 25.
Al-Maksum al-Sirhindi
26. Hisyamuddin 26.
Saifuddin Afif Muhammad
27. Yahya 27.
Nur Muhammad Badawi
28. Abu Bakar 28.
Syamsuddin Habibullah Janjani
29. Abdul Rahim 29. Abdullah Al-Dahlawi
30. Usman 30.
Abu Said Al-Ahmadi
31. Abdul Farrah 31.
Ahmad Said
32. Muhammad Murad 32. M. Jan
Al-Makki
33. Syamsuddin 33.
Khalid Hilmi
|
|
34. A. Khatib
Al-Sambasi
35. Syekh Tolhah
Cirebon
36. Abdullah
Mubarok Bin Nur Muhammad (Abah Sepuh)
37. KH Ahmad
Shohibul Wafa Tajul Arifin (Abah Anom)
|
Dengan melihat silsilah TQN di atas, jelaslah kepada kita bahawa Abah
Anom adalah salah seorang sanad TQN dan sekaligus sebagai seorang mursyid dalam
tariqah tersebut. Beliau mendapatkan khirqah
dari ayahnya sendiri, Syekh Abdullah
Mubarok
bin Nur Muhammad, pendiri Pondok Pesantren Suryalaya. Sementara Abah Anom,
selain sebagai penerus pimpinan spiritual TQN, dalam pesantren juga merupakan
penerus, pengembang, dan Pondok Pesantren Suryalaya sejak
ayahandanya
masih ada hingga sekarang.
Dilihat dari segi ajaran, baik Abah
Sepuh mahupun Abah Anom sama-sama meneruskan dan mengembangkan TQN dengan salah
satu wahana pengembangannya adalah Pondok Pesantren Suryalaya. Betapa besar
peranan Pondok Pesantren Suryalaya dalam melestarikan dan mengembangkan ajaran
TQN, sehingga dinisbahkan istilah TQN, kepada Pondok Pesantren Suryalaya.
Dengan demikian, terkenallah, dalam tradisi tariqah mu’tabarah, sebutan TQN
Pondok Pesantren Suryalaya.
TQN yang dikembangkan di Pondok
Pesantren Suryalaya memiliki kekhususan, terbuka dan dikemas sedemikian rupa,
sehingga mudah difahami oleh orang awam, diikuti dan diamalkan oleh orang awam
dan dapat dicerna dan diamalkan oleh semua kalangan.
Tariqah adalah jalan untuk menuju
kepada Tuhan. Secaraterminologi, tariqah adalah jalan yang harus ditempuh oleh
seorang mursyid dengan cara menyucikan rohaninya Orang yang menempuh jalan
tersebut dinamakan sufi.
Seperti yang telah dijelaskan, dilihat
dari segi ajaran, Abah Anom adalah penerus TQN kerana beliau pada tahun 1956,
mendapat khirqah dari Abah Sepuh untuk melestarikan dan menyebarkan TQN. Dalam tahun yang
sama, beliau juga diberi mandat oleh Abah Sepuh untuk memimpin dan melaksanakan
tugas-tugas Pondok Pesantren Suryalaya. Abah Sepuh sendiri kerana menimbangkan
kesehatan dan keamanan yang tidak stabil pada saat itu dipindahkan ke
Tasikmalaya. Dua tahun setelah itu, tepatnya tahun 1956 Abah Sepuh meninggal
dunia. Maka dengan sendirinya kepimpinan spiritual dan pesantren berpindah
tangan secara mutlak kepada Abah Anom.
Abah Anom menjadikan pesantren secara
optimal sebagaisarana utama untuk
mengajarkan dan menyebarkan TQN, dengan tidak mengabaikan fungsi-fungsi
pesantren lainnya iaitu sebagai tempat pendidikan dan pengembangan ilmu-ilmu
keislaman. Dalam perkembangan selanjutnya, seiring dengan kemajuan zaman,
beliau cuba membuka lembaga-lembaga pendidkan formal di pesantren dalam upaya
menyatukan ilmu-ilmu sekuler dengan ilmu-ilmu keislaman. Lembaga pendidkan
formal utama yang mendirikan Abah adalah Madrassah Diniyah Awaliyah yang
mengacu kepada kurikulum DEPAG, di-dirikan pada tahun 1957.
Beliau sudah menyangka bagaimana
seharusnya Pesantren Suryalaya di masa depan. Pesantren harus berfungsi sebagai
pusat pengajaran TQN dan tempat pendidikan dan pengembangan ilmuilmu keislaman
sekaligus mengiringkan ilmu-ilmu keislaman dengan ilmu-ilmu duniawi. Dengan
demikian, pesantren harus memiliki lembaga-lembaga pendidikan formal yang
diiktiraf yang memiliki kepastian hukum. Dalam rangka itulah, pada tahun 1961,
dibantu antara lain oleh H. Sewaka (alm) mantan Gubernur Jawa Barat
(1947-1952), beliau mendirikan Sebuah Yayasan Pesantren Suryalaya dengan nama
Yayasan Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya.
TUJUAN
TARIQAH QADIRIYYAH NAQSYABANDIYYAH
Setidaknya
ada empat ajaran pokok dalam TQN, iaitu
1.
Kesempurnaan suluk
2.
Adab murid terhadap mursyid
3.
Zikrullah
4. Muraqabah
Tetapi inti ajaran TQN adalah Muraqabah ertinya mendekatkan diri
ke-pada Allah dengan ajaran berbagai amalan dan Riyadhah; yang paling prinsip adalah
dengan cara berzikir, sebagaimana sabda Imam Ali:
“Cara terbaik dan tercepat untuk sampai kepada Allah adalah
zikrullah.”
Zikir dalam TQN dilakukan setelah
melaksanakan ibadah wajibah. Ibadah wajibah merupakan penjabaran syari’ah,
sedangkan zikir merupakan pengamalan aspek batin dari syari’ah, yang dalam
istilah tasawuf disebut tariqah. Syari’ah dan tariqah keduanya diamalkan secara
seimbang dalam upaya mencari hakikat.
Ketika para sahabat bertanya kepada
Abdullah bin Abbas mengenai
interpretasi firman Allah: “Zikirlah
kamu sekalian kepada-Ku;
nanti Aku pun ingat kepadamu”, ia menjawab: “Zikirlah kamu sekalian kepadaKu
dengan jalan taat kepadaKu;
nanti Aku ingat kepadamu dengan pertolonganKu”. Senada dengan pertanyaan di atas, Sa’id bin Jubair mengatakan: “Ingatlah kepadaKu dengan cara taat kepadaKu; Akupun ingat kepadamu dengan ampunanKu”. Sementara sebahagian sahabat berpendapat: “Zikirlah kalian kepadaKu sewaktu mendapat nikmat dan kebahagiaan, niscaya Aku ingat
kepadamu ketika kamu dalam kesulitan dan cubaan”.
ZIKRULLAH
DALAM TARIQAH QADIRIYYAH NAQSYABANDIYYAH
Banyak ayat Al-Quran yang menguatkan kedudukan zikir; bahwa
zikir
merupakan perkara yang paling besar.
Allah
berfirman:
“Sesungguhnya
solat harus dapat mencegah dari perbuatan jahat dan munkar, dan sesungguhnya
zikir kapada Allah lebih besar dan Allah amat mengetahui apa yang kamu
perbuat:”. (Al-Ankabut: 45)
Menurut orang-orang yang ma’rifat,
paling tidak ada empat prinsip tentang interpretasi ayat di atas.
1.
Sesungguhnya zikir kepada Allah lebih besar
daripada segala sesuatu. Ia adalah ketaatan yang paling utama; dan yang
dimaksud taat di sini adalah menegakkan zikir kepada Allah, sedangkan zikir
adalah rahsia ketaatan dan daya ketaatan itu sendiri.
2.
Sesungguhnya kamu sekalian, kaum muslimin, jika
ingat kepada-Nya, maka Allah pun ingat kepadamu; sedangkan zikir Allah kepadamu
lebih besar daripada zikir kamu kepadaNya”.
3.
Sesungguhnya zikir kepada Allah lebih besar daripada tetapnya “fakhisyah”
dan “kemunkaran”. Bahkan jika zikirdibaca secara sempurna, ia akan dapat
menghilangkan segala kesalahan dan maksiat.
4. Sesungguhnya amal saleh, apabila ingin diterima oleh
Allah, harus diakhri dengan zikir dan pujian.
Taqarrub kepada Allah merupakan inti ajaran tasawuf (TQN) dengan cara
mensucikan jiwa (tasfiyat al-qulub). Dengan hati yang suci seorang salik
mungkin dapat melihat Tuhannya.
TQN membawa manusia kepada Tuhan, dan
secara horizontal memberikan rambu-rambu dan prinsip-prinsip bagaimana
seharusnya hidup secara bersama dalam masyarakat. Tanbih mengandung ajaran
moral, menyangkut pelbagai kehidupan. Pandangan TQN menyangkut dengan Negara,
misalnya, dapat dilihat dalam huraian Tanbih sebagai berikut:
“Pun kami
tempat orang bertanya tentang Tariqah Qadiriyyah wa Naqsabandiyyah,
menghaturkan dengan tulus ikhlas, wasiat kepada segenap murid-murid; berhati-hatilah
dalam segala hal, jangan sampai
berbuat yang bertentangan dengan peraturan Agama maupun
Negara. Insapilah , wahai murid-murid sekalian, janganlah terpaut oleh bujukan
nafsu, terpengaruh oleh godaan syaitan, waspadailah akan jalan penyelewengan
terhadap perintah Agama maupun Negara, agar dapat meneliti diri kalau tertarik
oleh bisikan Iblis yang selalu menyelinap dalam hati sanubari kita”.
Pandangan TQN mengenai hubungan
kemasyarakatan, baik dengan sesama muslim mahupun dengan yang bukan muslim,
dapat dilihat dalam bagian huraian Tanbih berikut:
1. Terhadap orang-orang yang lebih tinggi dari kita, baik zahir mahupun
batin, harus kita hormati, begitulah seharusnya hidup rukun saling harga
menghargai.
2. Terhadap sesama yang sedarjat dengan kita dalam segalagalanya jangan
sampai jadi persengketaan, sebaliknya harus bersikap rendah hati, bergotong-
royong dalam melaksanakan perintah Agama maupun Negara, jangan sampai terjadi
perselisihan dan persengketaaan, kalau-kalau kita terkena firmanNya “Adzabun Alim”
yang ertinya duka nestapa untuk selama-lamanya dari dunia hingga akhirat;
3. Terhadap orang-orang yang keadaannya di bawah kita, janganlah
menghinanya atau berbuat tidak senonoh bersikap angkuh, sebaliknya harus
bersikap belas kasihan dengan kesadaran, agar mereka merasa senang dan gembira
hatinya harus dituntun dan dibimbing dengan nasihat yang lemah lembut yang akan
memberi keinsafan dalam menginjak jalan kebajikan;
4. Terhadap fakir miskin, harus kasih sayang, ramah tamah serta bermanis
budi, bersikap murah tangan, mencerminkan bahawa kita sadar. Cuba rasakan diri
kita peribadi, betapa pedihnya jika dalam keadaan kekurangan. Oleh kerana itu
janganlah acuh tak acuh, hanya diri sendirilah yang senang, kerana mereka
menjadi fakir miskin bukannya kehendak dirinya sendiri, namun itulah kudrat
Tuhan.
Demikianlah
sesungguhnya sikap manusia yang penuh kesadaran meskipun terhadap orang asing
kerana mereka itu masih keturunan Nabi Adam as. Mengingat ayat 70 surat Isra
yang ertinya: “Sangat
Kami muliakan keturunan Nabi Adam dan Kam sebarkan segala yang berada di darat
dan di lautan, juga Kami
mengutamakan mereka lebih utama dari makhluk lainnya”.
Kesimpulan dari ayat ini bahawa kita
sekalian seharusnya
saling
harga menghargai, jangan timbul kekecewaan, mengingat
surat Al-Maidah
yang ertinya:
“Hendaklah tolong menolong sesama dalam me laksanakan
kebajikan dan ketakwaan sungguh-sungguh terhadap Agama maupun Negara,
sebaliknya jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan bermusuhan terhadap
perintah Agama maupun Negara”.
Intisari tanbih di atas menjelaskan
kepada kita bagaimanamodel ideal interaksi antara kita dengan orang yang lebih
tinggi dari kita, dengan sesama, dalam erti yang sedarjat dalam segalanya,
dengan orang yang ada di bawah kita dan dengan fakir miskin. Tanbih menjelaskan
bahwa kedamaian zahir batin akan terwujud di tengah-tengah masyarakat manakala
masing-masing individu berpegang teguh terhadap etika sosial:
“Bukanlah dari golonganku orang yang tidak kasih sayang kepada
yang ada dibawahnya, dan tidak menaruh hormat kepada orang yang ada di
atasnya”.
Lebih dari itu, Tanbih juga memuat
ajaran bagaimana seharusnya sikap kita dalam kehidupan sosial kemasyarakatan
dengan orang asing, baik yang se agama dengan kita mahupun yang tidak seagama.
Kita harus tetap saling hormat menghormati. Menyangkut hubungan dengan mereka
yang bukan muslim, lebih jelas lagi, Tanbih menegaskan seperti berikut:
“Adapun soal
keagamaan, itu terserah agamanya masing-masing, mengingat surat Al-Kafirun ayat
6: “Agamamu untuk kamu, agamaku untuk aku”. Maksudnya jangan terjadi
perselisihan, wajiblah kita hidup rukun dan damai, saling harga menghargai,
tetapi jangan-lah ikut campur”.
Tanbih menggariskan adanya toleransi
beragama, sejauh tidak melanggar etika teologis. Jangan kerana toleransi,
keyakinan dikorbankan. Oleh kerana itu, dalam urusan agama janganlah kita
ikut-ikutan, tetapi dalam kehidupan social kemasyarakatan, ekonomi maupun
politik, kita menyatu secara damai dan toleran. Selanjutnya Tanbih menjelaskan,
“Cubalah
renungkan pepatah leluhur kita: ‘Hendaklah kita bersikap budiman, tertib dan
damai, andaikan tidak demikian, pasti ‘Sesal dahulu pendapatan, sesal kemudian
tak berguna’. Kerana yang menyebabkan penderitaan diri peribadi itu adalah
akibat dari perbuatan diri sendiri”.
Pernyataan Tanbih di atas, di samping
mengandung ajaran moral dan akhlak, mengandung pula ajaran teologi. Ketika
seseorang dituntut untuk bersikap dan berperilaku terhadap fakir miskin, maka
ia harus bersikap jabbariyah. Akan tetapi, ketika melihat kenyataan kehancuran
sekelompok manusia yang tidak bersyukur, ada tuntutan untuk bersikap qadariyah.
Kehancuran dan kehinaan manusia kerana perbuatannya sendiri, bukan kehendak
Allah.
Bahagian akhir Tanbih menyatakan:
“Oleh kerana
demikian, hendaklah segenap murid-murid bertindak teliti dalam segala jalan
yang ditempuh, guna kebaikan zahir batin dunia maupun akhirat, supaya hati
tenteram, jasad nyaman, jangan sekali-kali timbul persengketaaan, tidak lain
tujuannya: Budi Utama Jasmani Sempurna (Cageur bageur). Tidak lain amalan kita,
Tariqah Qadiriyyah Naqsyabandiyyah, amakan sebaik-baiknya guna mencapai segala
kebajikan, menjauhi segala kejahatan zahir batin yang bertalian dengan jasmani
maupun rohani, yang selalu diselimuti bujukan nafsu, digoda oleh perdaya syaitan”.
Kebahagiaan zahir batin, khususnya para ikhwan TQN, adalah mengamalkan ajaran TQN secara
sungguh-sungguh. Inti ajarannya adalah
Zikir. Segala amalan yang telah baku di lingkungan TQN yang sifatnya nafilah disebut Zikir. Kumpulan zikir-zikir yang dibaca setiap kali Khataman telah
dituangkan oleh Mursyid kita
dalam sebuah risalah yang diberi nama Uqûd
Al- Juman.
ASAL-USUL
TARIQAH QADIRIYYAH NAQSYABANDIYYAH DAN PERKEMBANGANNYA
Tariqah Qadiriyyah
Nama lengkap pengasasnya ialah Syeikh Abd Al-Qadr Al- Jilani adalah Muhy
al Din Abu Muhammad Abd al-Qadir ibn Abi Zangi Dost al-Jaylani. Dilahirkan di
Jilan pada tahun 470 H. (1077M.) dan meninggal di Baghdad pada tahun 561 H. (
1166 M.)
Menurut Syekh At-Tadafy dalam kitabnya Qalaid
al-Jawahir, nama lengkap Al Jilani adalah Muhy al-Din Abu
Muhammad Abd al-Qadir ibn Abi Shalih Zangi Dost Musa ibn Abi Abdillah ibn Yahya
al-Zahid Muhammad ibn Daud ibn Musa ibn Abdillah ibn Musa al-Jun ibn Abd
al-Muhsin ibn al-Hassan al-Mutsanna ibn Muhammad al- Hassan ibn Ali ibn Abi Thalib
ra. Silsilah ini
mengantarkan kita pada suatu kesimpulan bahwa Syekh Abd al- Qadir al-Jilani
adalah keturunan Nabi Muhammad saw. Lewat puteri beliau Fathimah istri ‘Ali ibn
Abi Thalib. Akan tetapi , kesimpulan ini yang juga dikemukan oleh banyak penulis
biografi al-Jailani lainnya, diragukan oleh penulis Shorter Encyclopaedia of Islam dengan beberapa alasan.
Alasan itu antara lain : bahwa dia dikenal di Baghdad dengan sebutan Al-Ajamy
(orang Parsi) dan ayahnya sendiri tidak mempunyai nama Arab (Zangi Dost).
Namun , pendapat mana pun yang benar ,
kebesaran Syekh Abd al-Qadir Jilani, seorang ulama yang alim di bidang fiqh dan
ushul fiqh mazhab Hanbali dan seorang sufi besar, adalah peletak dasar tarekat
Qadiriyah dapat diakui semua orang.
Dalam usia 18 tahun Abd al-Qadir
meninggalkan tempat kelahirannya menuju Baghdad untuk menuntut ilmu pengetahuan
Pada tahun 488H (1095 M) dia tiba di Baghdad. Kerana tidak diterima belajar di
Madrasah Nizhamiyah Baghdad, yang waktu
itu
dipimpin oleh seorang sufi besar Ahmad al-Ghazali, yang menggantikan saudaranya
Abu Hamid Al-Gazali, dia mengikuti semacam kursus fiqih Mazhab Hanbali yang
dipimpin oleh Abu Sa’id al-Mukharrimi,sampai mendapat ijazah dari gurunya
tersebut. Sejak tahun 521 H (1127 M), dia mengajar dan berfatwa dalam mazhab
tersebut kepada masyarakat sampai akhir hayatnya.
Di bidang tasawuf, pertama kali dia
berguru dengan Abu al- Khair Muhammad ibn Muslim al-Dabbas (W.525H/1131M),
Kehadirannya di sini cukup memuakkan kerana sikap muridmuridnya yang tidak
bersahabat terhadap dirinya yang merupakan pengikut mazhab Hanbali. Sesudah
mengikuti pengajaran tasawuf dengan guru tersebut, dia lalu menghabiskan 25
tahun dari usianya sebagai seorang pengembara sufi di Padang Pasir Iraq. Memang
sejak tahun 488H (1095M), waktu dia mulai berada di kota Baghdad, sampai tahun
521H ( 1127M), waktu dia mulai terkenal sebagai seorang ulama besar Mazhab
Hanbali di kota yang sama, ada masa usia yang kurang dikenal pergerakannya.
Mungkin masa itu digunakannya untuk
mengembara sebagai seorang sufi yang fakir di Padang Pasir Iraq, sebagaimana
telah dikemukakan, atau juga dia gunakan untuk perjalanan ibadah haji ke Tanah
Suci dan menjalani hidup berkeluarga sebagaimana dikemukakan oleh penulis Shorter Encyclopedia of Islam.
Yang jelas sejak tahun 521H, dia
menerima ijazah dari gurunya dalam fiqih mazhab Hanbali untuk mengajar dan
berceramah. Selain itu, dia mendapat restu pula dari seorang sufi bernama Abu
Yusuf al-Hamdany(440-535H / 1048-1140 M).
Pada tahun 528H baginya dibangunkan
orang sebuah madrasah (sekolah) bersama sebuah ribath (tempat latihan para sufi)
di Baghdad yang dijadikan sebagai tempat tinggal bersama keluarganya yang besar
dan sekaligus tempat mengajar muridmuridnya yang juga tinggal bersamanya.
Namun, dalam hal ini statusnya masih lebih menampakkan ketokohannya sebagai
seorang alim di bidang fiqih mazhab Hanbali daripada sebagai soerang sufi.
Setiap minggu tiga kali dia berbicara kepada muridmuridnya.
Dua kali di madrasah (sekolah), iaitu
Jumaat pagi dan Selasa petang ; satu kali di ribath
iaitu Ahad pagi. Di belakang hari , banyak di
antara muridnya yang terkenal sebagai para wali yang dihormati. Syekh Abd-Qadir
al-Jilani meninggalkan beratus-ratus khutbah yang berisi ajaranya tentang
agama, dan tasawuf khususnya. Ada beberapa kitab yang merupakan kumpulan
khutbah tersebut antara lain:
1. Al-Fathhur-Rabbany, berisi 62 khotbah yang disampaikan
dalam
tahun 545-546 H. (1150-1152 M)
2. Futuh-ul-Ghayb, berisi 78
buah khutbah tentang berbagai
masalah
agama, yang dikumpulkan oleh anaknya, Syekh Abd al- Razzaq.
Selain itu, dia juga meninggalkan
beberapa kumpulan zikir
dan
wirid, antara lain :
1. Al-Fuyudhat-ur-Rabbaniyyah fil-Aurad-al- Qadiriyyah
2. Hizb Bash’ir al-Khayrat.
Kebanyakan khutbahnya mengacu kepada
karyanya berjudul: Al-Ghunya li Thalibi Thariqil-Haqq, yaitu risalahnya yang
berisi uraian tentang ibadah dan akhlak. Dari berbagai karyanya, tidak
diragukan lagi bahwa Al-Jaylani adalah seorang ahli kalam,bseorang mujtahid
dalam fiqih dan seorang orator yang pandai.
Syekh Abd al-Qadir al-Jilani adalah
seorang yang tegas berpegang pada kebenaran dan perjuangannya. Dia tidak takut
memberi nasihat kepada para penguasa, kepada Khalifah sekalipun. Pada waktu
Khalifah Al-Muqtafili Amr Allah mengangkat Ibn al-Muzahim sebagai hakim,
padahal dia dikenal sebagai seorang yang zalim, Al-Jaylani pun naik mimbar dan
berkhutbah antara lain :
“Wahai Amir
al-Mu’minin, tuan angkat seorang yang terkenal paling zalim menjadi qadhi bagi
kaum muslimin. Apakah jawab tuan nanti bila ditanya hal itu oleh Tuhan sekalian
alam, Yang Maha Penyanyang?” Pada saat itu Khalifah pun gementar dan menangis
mendengar khutbah tersebut. Qadhi yang diangkatnya pun lalu dipecat dari
jabatannya.
Abd al-Qadir al-Jilani selalu menyeru
murid-muridnya agar bekerja keras untuk kehidupan. Dia menegaskan bahawa
tariqah tidak bererti membelakangi kehidupan. Katanya, “Sembahlah olehmu Allah Azza wa Jalla. Mintalah pertolongan untuk
memperkuat ibadah
kepadaNya dengan kerja yang halal. Sesungguhnya Allah mencintai seorang hamba yang mukmin,
taat, dan memakan yang halal dari hasil kerjanya. Dia mencintai orang yang makan dan
bekerja, dan membenci
orang yang makan saja tanpa bekerja, serta membenci pula orang yang nafkah hidupnya bergantung
kepada masyarakat.”
Al-Jaylani juga mengingatkan kepada
para pengikut tariqah agar tetap berpegang pada Sunnah Rasulullah dan Syari’at
agama Islam. Dia juga mengingatkan bahawa syaitan banyak sekali menyesatkan
ahli tariqah dengan cara menggodanya agar meninggalkan syari’at kerana sudah
melaksanakan tariqahnya.
Dengan kealiman dan kepribadiannya
itu, wajarlah kalau Syekh Abd al-Qadir al-Jilani banyak mendapat pujian dari
pelbagai pihak. Misalnya dari Ibn ‘ Arabi (W. 1240 M.), penulis kitab Al-Futuhat al-Makkiyyah, yang
menganggap Syekh Abd al- Qadir sebagai seorang yang pantas menjadi wali “qutub”
pada masanya. Ibn Taymiyyah (W. 728 H.), seorang mujtahid dalam mazhab Hanbali,
yang sering menyerang para sufi dan tasawuf, juga ikut memujinya. Abu aI-Hasan
al-Nadwi menulis dalam kitabnya Al-Imam
‘Abd al-Qadir al-Jaylani tentang kepribadian
pendiri Tariqah Qadiriyyah ini sebagai
berikut:
“Abd aI-Qadir
al-Jilani telah menyaksikan apa yang telah menimpa kehidupan umat Islam pada masanya.
Mereka hidup berpecah belah dan saling bermusuhan. Cinta dunia telah
mendominasi mereka di samping berebut kehormatan di sisi raja dan sulthan.
Manusia sudah berpaling kepada materi, jabatan, dan kekuasaan. Mereka
berkeliling di sekitar penguasa dan pemerintahan. Syekh Abd al-Qadir al-Jilani
hidup di tengah-tengah mereka. Tetapi menjauhkan diri dari semua itu dengan
fisik dan mentalnya. Dia berbalik menghadapinya dengan nasihat bimbingan,
dakwah dan pendidikan untuk memperbaiki jiwa kaum muslimin dan membersihkannya.
Untuk memerangi kemunafikan dan kecintaan kepada dunia, dengan cara menanamkan
jiwa agama, menguatkan akidah yang benar terhadap hari akhirat dan menghindar
dari tipu daya dunia.”
Syekh Abd al-Qadir al-Jilani tetap
memimpin madrasah dan ribath di
Baghdad yang didirikan sejak tahun 521 H. sampai wafatnya pada tahun 561 H.
Setelah dia wafat, madrasah dipimpin oleh anaknya bernama Abd aI-Wahab (552-593
H./ 1151-1196 M.), yang kemudian dilanjutkan pula oleh anaknya bernama ‘ Abd
al-Salam (W. 611 H./1214 M.). Sedangkan seorang anaknya yang lain bernama ‘ Abd
al-Razzaq (528-603 H./ 1134 1206 M.) adalah seorang sufi yang zahid dan
terkemuka pada masanya. Madrasah dan ribath
tersebut tetap bertahan dalam pimpinan keluarga
Syekh Abd aI-Qadir sampai hancur leburnya kota Baghdad pada tahun 656 H.(1258
M.) kerana serangan tentara Mongol di bawah pimpinan Hulagu Khan, yang
mengakibatkan sebahagian besar keluarga Abd al-Qadir musnah, dan sekaligus
mengakhiri eksistensi keduanya.
Meskipun demikian, ajaran-ajaran Syekh
Abd al-Qadir al- Jilani yang diberikan dalam ribath
yang dipimpinnya dan diteruskan oleh anak- anaknya
tetap hidup dalam zawiyah-zawiyah, tempat para sufi melatih diri dalam kehidupannya. Ibnu Bathuthah,
pengelana muslim di Dunia Islam abad ke-13 M., mencatat bahawa di Baghdad pada
waktu itu terdapat zawiyah sufi
yang mempraktekkan ajaran-ajaran al-Jailani dalam ribath yang dipimpinnya pada abad
sebelumnya. Dari zawiyah-zawiyah inilah lambat laun terbentuk suatu masyarakat
muslim penganut ajaran Syekh Abd al-Qadir di bidang tasawuf, yang kemudian
dikenal Tariqah Qadiriyah.
Syekh Abd al-Qadir al-Jilani
menentukan bagi setiap orang yang baru memasuki tariqahnya agar beri’tikad
dengan akidah yang benar. Iaitu kaedah para pendahulu (salaf) yang salih, akidah ahlusunnah terdahulu yang
diikuti oleh para sahabat dan tabi’in.
Juga harus berpegang teguh dan
mengamalkan Al-Quran dan sunah Rasulullah dengan sungguh-sungguh sehingga
memperoleh petunjuk dan bimbingan dalam menapaki jalan (thariq) yang menyampaikan ke hadirat
Allah swt. Selain itu, al-Jailani juga menambahkan agar “pemula” (mubtadi) bersikap dengan berbagai
sifat, seperti bersih hati, jernih muka, memberi kebajikan, menyingkirkan
kejahatan, faqir, memelihara kehormatan para syekh, bergaul baik sesama ikhwan,
memberi nasihat kepada orang kecil dan orang besar, meninggalkan permusuhan,
dan memberi bantuan dalam masalah agama dan dunia.
Menurut Trimingham, Tariqah Qadiriyah
sampai sekarang masih merupakan suatu tarekat yang besar di Dunia Islam dengan
berjuta-juta pengikutnya. Mereka tersebar di segala penjuru bumi, seperti
Yaman, Turki, Syria, Mesir, India, dan Afrika.
Sejak
zaman Syekh Abd al-Qadir al-Jilani sudah ada beberapa orang muridnya yang
menyebarkan sistem tasawufnya ke berbagai negeri Islam. Misalnya: ‘ Ali ibn
al-Haddad di daerah Yaman, Muhammad al- Batha’ihi di daerah Baalbek dan di
Syria, Taqiy al-Din Muhammad al-Yunani juga di daerah Baalbek, dan Muhammad ibn
Abd al-Shamad di Mesir.
Menurut al-Washiti, ada dua orang di
antara putra-putri Syekh Abd al-Qadir al-Jilani yang berperanan dalam
penyebaran Tariqah Qadiriyah ini, iaitu Abd al-Razzaq (W. 603 H.) dan Abd
al-Aziz (W. 602 H.). Keduanya dengan
ketulusan dan kerendahan hati telah bekerja keras menyebarkan ajaran tasawuf
ayahandanya sehingga menimbulkan simpatik orang banyak untuk bergabung dengan
ajaran tariqah ayahandanya tersebut. Malah menurut Le Chatelier, pada masa
hidup Syekh Abd al- Qadir al-Jilani sudah ada beberapa orang anaknya yang
menyebarkan ajaran ayahandanya ke berbagai negeri, seperti: Maroko, Mesir,
Arabia, Tukestan, dan India. Menurut E. Mercier, pada abad ke-12 M., sudah ada
Tariqah Qadiriyah memasuki daerah Barbar di Afrika Utara. Dengan demikian,
Tariqah Qadiriyah sudah tersebar luas ke berbagai negeri Islam di barat dan di
timur dalam abad ke-12 dan ke-13 M. Hal ini merupakan hasil kerja keras anak
anaknya dan beberapa orang muridnya.
Akan tetapi, menurut Trimingham,
Tariqah Qadiriyah yang berpusat di Syria dan Iraq pada abad ke-13M belum
menampakkan indikator yang menegaskan adanya penyebaran besar-besaran sebelum
abad ke-15M. Menurutnya, meskipun ketokohan Syekh Abd al-Qadir al-Jilani
sebagai seorang puncak wali yang mendunia sangat terkenal, tetapi Qadiriyah
sebagai tarekat kurang terkenal, terutama di Mesir. Di India, Qadiriyah baru
mantap perkembangannya setelah Muhammad Ghawsh (W. 1517 M.), yang mengaku
keturunan Syekh Abd al-Qadir al- Jailani. Di Turki, tariqah ini disebabkan oleh
Ismail Rumi (W. 1041 H./1631 M.), yang diberi gelar sebagai “Pir Tsani” (Mursyid kedua). Dia mendirikan
sebuah ribath (khanaqah) di Top-khaneh dan mengaku telah mendirikan 40 buah taqiyah (zawiyah) di daerah ini.
Sebaliknya di Mekah, ribath Tariqah
Qadiriyah sudah berdiri sekitar tahun 1180 H. (1669 M.) Malah menurut penelitian
Le Chatelier, sejak Syekh ‘ Abd al-Qadir masih hidup sudah ada ribath Qadiriyah di kota suci
tersebut.
TARIQAH
NAQSYABANDIYAH
Tariqah Naqsyabandiyah didirikan oleh
Muhammad ibn Muhammad Baha’uddin al-Uwaisi al-Bukhari al-Naqsyabandi. Dia
dilahirkan di sebuah desa bernama Hinduwan yang terletak beberapa kilometer
dari Bukhara pada tahun 717 H. (13-17 M.) Desa itu kemudian disebut juga’
Arifan. Di sinilah pula dia wafat dan dimakamkan pada tahun 791 H. (1389 M.).
Vamberi memberitakan bahawa makamnya di Bukhara menjadi tempat ziarah, terutama
orang-orang dari Cina. Dia disebut “al-Uwaysi” kerana system ajaran tasawufnya
menyerupai ajaran Uwayis al- Qarni, sufi terkenal pada masa sahabat. Ada pula
yang mengatakan bahawa gelaran itu diberikan kerana ia adalah keturunan tokoh
sufi tersebut. Gelar “An-Naqsyabandi” diberikan kepadanya kerana dia pandai
sekali memberi lukisan (naqasy) tentang kehidupan yang ghaib kepada muridnya.
Dalam usia 18 tahun Al-Naqsyabandi
pergi ke Sammas yang terletak tiga kilometer dari Bukhara. Di sini dia belajar
tasawuf pada seorang sufi besar bernama Muhammad Baba al-Sammasi (W. 740
H./1340 M.) Pada saat al-Sammasi akan wafat dia sempat mengangkat
Al-Naqsyabandi menjadi khalifahnya. Setelah gurunya ini wafat, dia pergi ke
Samarkand, sesudah itu ke Bukhara, di sana dia berkeluarga dan kembali pulang
ke desa kelahirannya. Kemudian, dia pergi lagi ke Nasaf untuk meneruskan
studinya pada seorang khalifah Al-Sammasi, Amir Kulal (w.772 H./1371 M.).
Sesudah itu dia sempat pula tinggal di beberapa desa di Bukhara dan selama
tujuh tahun belajar pada seorang khalifah Amir Kulal, , Arif al- Dikkirani. Dia
sempat pula bekerja pada Sultan Khalil di Samarkand selama 12 tahun. Ibnu
Bathuthah memuji keadilan pemerintahan Sulthan Khalil , yang membawa kemakmuran
bagi rakyatnya. Setelah kerajaan ini jatuh, Al-Naqsyabandi kembali ke Zawartun
untuk melakukan kehidupan sufi selama tujuh tahun. Pada tahun terakhir dari
hayatnya dia kembali ke desa kelahirannya sampai hari wafatnya pada tahun 791
H. (1389 M.). Segala perbuatannya dikoleksi dengan baik oleh seorang muridnya
yang setia, Salah ibn al- Mubarak yang mengumpulkannya dalam sebuah karya
berjudul:
Maqamat
Sayyidina Syah Naqsyaband. Gelar “Syah” diberikan
kepadanya dalam erti: pemimpin besar spiritual.
Akan tetapi, menurut Fakhr al-Din Ali
ibn Husain, yang menulis suatu sejarah Tariqah Naqsyabandiyah dalam bukunya Rasyahat ‘Ain tariqah ini
berpangkal dari Abu Ya’qub Yusuf al- Hamadani (W. 535 H./1140 M.). Dia seorang
sufi yang hidup semasa dengan Syekh Abd al-Qadir al-Jilani di Baghdad. Dialah
yang mendorong al-Jailani mulai berkhutbah di hadapan masyarakat.
Al-Naqsyabandi adalah keturunan dari Hamadani tersebut.Salah seorang khalifah
Yusuf Al-Hamadani ialah Abd al- Khaliq Ghujdawani (W. 1220 M.), yang
menyebarkan ajaran gurunya di daerah Tran Soxsania dengan cara yang disebut tariqati Khwajagan iaitu cara Khoja (guru). Dia menetapkan 8
prinsip yang kemudian dijadikan dasar Tariqah Naqsyabandi. Kerana itulah,
tarekat Naqsyabandiyah sebelumnya juga disebut Tariqah Khwajagan. Dengan
demikian, terdapat tiga nama yang lekat dengan Tariqah Naqsyabandiyah dari segi
asal-usulnya, yaitu:
Abu Ya’qub Yusuf al-Hamadani, Abd al-
Khaliq Ghujdawani, dan Muhammad Baha’u al-Din al-Naqsyabandi. Ketiga nama
tersebut dihubungkan oleh sebuah silsilah tariqah sebagai berikut: Muhammad
Baha’u al-Din al-Naqsyabandi mengambil dari Amir Kulal, mengambil dari Muhammad
Baba al-Sammasi, mengambil dari Azizan Ali al Ramitani mengambil, dari Mahmud
Faghnawi, mengambil dari Arif Riwghari, mengambil dari Abd al-Khaliq al
al-Ghujdawani, mengambil dari Abu Ya’qub Yusuf al Hamadani.
Adapun dasar-dasar ajaran Tariqah
Naqsyabandiyah - sebagaimana dijelaskan Najm al-Din Amin al-Kurdi dalam
kitabnya Tanwir al-Qulub - ialah pengamalan sebelas kata berbahasa Persi. Lapan di antaranya
berasal dari ajaran Abd al- Khaliq al-Ghujdawani (Khwajagan) dan tiga yang lain
berasal dari ajaran Muhammad Baha’u al-Din al-Naqsyabandi.
Dengan keunikan ajarannya, Tariqah
Naqsyabandiyah banyak menarik minat umat Islam mengikutinya. Doktrinnya memberi
harapan kepada setiap orang untuk cepat memperolehi darjat kesufian yang tinggi
dalam kehidupannya. Tidak saja dari kalangan awam yang banyak tertarik
kepadanya, tetapi juga dari kalangan ulama dan penguasa banyak yang menjadi
anggotanya.Tidak heran kalau dalam sejarah perkembangannya, pernanan Tariqah
Naqsyabandiyah di bidang politik juga banyak ditemukan.
TARIQAH
QADIRIYYAH NAQSYABANDIYYAH
Sebagaimana telah disinggung di atas, kelahiran Tariqah Qadiriyyah
Naqysabandiyyah (TQN) tidak dapat dilepaskan dari ketokohan Syekh Ahmad Khatib
al-Sambasi yang dianggap sebagai pendirinya. Dia berasal dari Kampung Dagang
(ada yang mengatakan dari Kampung Asam) di daerah Sambas Kalimantan Barat. Nama
lengkapnya: Syekh Ahmad Khatib ibn Abdl al- Gaffar al-Sambasi al-Jawi. Tidak
ada catatan bilakah dia dilahirkan. Tetapi sejak perempat kedua abad ke-19 M.
dia menetap di kota suci Mekah sampai akhir hayatnya pada tahun 1875 M. Di kota
suci inilah dia belajar pelbagai ilmu agama Islam hingga dia menjadi seorang
ulama besar yang mengajar di Masjidil Haram Mekah. Di antara gurunya ialah
Syekh Daud ibn Abdullah al-Fathani, seorang ulama besar penyusun pelbagai kitab
di bidang fiqh, ushuluddin, dan tasawuf, yang hidup di Mekah semasa dengan Syekh
Muhammad Arsyal al-Banjari (W. 1812 M.) dan Syekh Abd al-Shamad al-Falimbani (W.
1800 M.) Selama mengajar di Mesjid al-Haram, Ahmad Khatib Sambas juga banyak
mempunyai murid yang terkenal. Di antaranya ialah Syekh Nawawi al- Bantani,
pengarang banyak kitab agama dan dijuluki sebagai “Sayyid ‘Ulama al-Hijaz” (pemimpin para ulama di Hejaz). Ketokohan Syekh
Ahmad Khatib Sambas yang menonjol adalah di bidang tasawuf. Banyak “legenda”
yang beredar di masyarakat tentang kekeramatannya sejak kecil. Snouck Hurgronje
mencatat dalam bukunya “Mekkah in the
later part of the
Nineteenth Century” bahawa Khatib Sambas sebagai
pemimpin tertinggi Tariqah Qadiriyah yang berpusat di Mekah waktu itu. Menurut
Naquib al-Attas, dia juga seorang syeikh (pemimpin) Tariqah Naqsyabandiyah di
samping kedudukannya sebagai seorang syeikh Tariqah Qadiriyyah. Sebagai
pemimpin tertinggi Tariqah Qadiriyyah di Mekah, dia menggantikan gurunya,
Syeikh Syamsuddin, yang telah mengangkat Khatib Sambas sebagai “mursyid” yang
akan menggantikannya bila dia wafat. Dengan status inilah, dia banyak mempunyai
murid-murid pemimpin tariqah yang menyebarkan Tariqah Qadiriyyah Naqsyabandiyyah
di Nusantara pada abad ke-19 M. Sebagai pemimpin tariqah, Syeikh Ahmad Khatib
Sambas menulis sebuah buku berjudul Fathul
Arifin, yang berisi
pedoman praktikal bagi para pengikutnya dalam mengamalkan tariqahnya. Dalam
kitab tersebut, terdapat penegasan pengarangnya bahawa tariqahnya berdasarkan
atas lima macam tariqah, yaitu:
Naqsyabandiyah, Qadiriyah, Anfasiyah,
Junaydiyah, dan Muwafaqah. Kelima macam tariqah tersebut masing-masing mempunyai
keunikan, yang digunakan dalam tariqah ini.
Naqsyabandiyah dengan zikir khafi (diam)nya, Qadiriyyah dengan
zikir jahar (nyaringnya),
Anfasiyah dengan zikir peredaran nafas, Junaydiyah dengan zikirnya pada setiap
hari selama seminggu dengan lafaz-lafaz tertentu, dan Muwafaqah dengan zikir Asma ul- Husna. Semuanya mendapat tempat
dalam pengamalan tariqah ini (TQN). Mungkin karena inti pengamalan tariqah ini
pada zikir jahar dan zikir
khafi pada
setiap habis shalat fardhu yang keduanya merupakan inti ajaran Tariqah
Qadiriyyah dan Naqsyabandiyah, maka tariqah ini dinamai TQN. Penonjolan kedua
tariqah tersebut juga tampak dalam “tawassul”
yang digunakan dalam tariqah ini.
Khusus untuk kalangan para syekh dalam
Tariqah Qadiriyyah disebutkan lebih dahulu antara lain: Syekh ‘ Abd al-Qadir
al-Jilani, Abu al-Qasim al-Baghdadi, Siri al-Saqathi, Ma’ruf al-Karkhy; sedangkan
khusus untuk kalangan para syekh dalam Tariqah
Naqsyabandiyah
disebutkan sesudahnya, antara lain: Syekh Abu Yaid al-Bisthami, Yusuf al- Hamdany,
Bahauddin al-Naqsyabandi dan Al-Imam al-Rabbany (Syekh Ahmad Faruqi Sirhindi).
Mendahulukan nama Qadiriyah daripada
nama Naqsyabandiyah. Dalam nama tariqah ini (TQN) juga berdasarkan silsilah
yang digunakan Khatib Sambas, sewaktu mengajarkan ajaran tariqah kepada para
muridnya. Para murid inilah yang mengembangkan tarekat ini di Indonesia dengan bersumber
pada silsilah Tariqah Qadiriyah, bukan Naqsyabandiyah. Dalam silsilah tersebut ditegaskan
bahawa dia (Khatib Sambas) menerima dari Syekh Samsudin dari Syekh Muhammad
Murad dari Syekh Abdul Fattah daTi Syekh ‘Usman daTi Syekh , Abd aI-Rahim Syekh
Abu Bakar dari Syekh Nuruddin dari Syekh Syarf al-Din dari Syekh Syamsuddin
dari Syekh Muhammad Hataak dari Syekh Abd al-’ Aziz dari Syekh Abd al-Qadir
al-Jaylani dari Syekh Abi Sa’id al-Mahzumi dari Syekh Abi Hasan al-Hakari dari
Syekh Abu al-Faraj al- Thartusyi dari Syekh Abd al- Wahid al- Tamimi dari Syekh
Abu Bakar al- Syibli dari Syekh Abu al-Qasim Junayd al- Baghdadi dari Syekh
Sari al- Saqathi dari Syekh Ma’ruf al-Karkhi dari Syekh Abu al-Hasan’ Ali al-
Ridha dari Musa al-Kazhim dari Ja’far al-Shadiq dari Muhammad al-Baqir dari
Zainal Abidin dari Husin ibn Ali dari Ali ibn Abi Thalib dari Nabi Muhammad
saw.
Dengan demikian, jelaslah bahwa
Tariqah Qadiriyyah Naqsyabandiyyah (TQN) adalah Tariqah Qadiriyah yang dikembangkan
oleh Syekh Ahmad Khatib as-Sambasi dengan mengambil beberapa bentuk amalan dari
pelbagai tariqah lainnya, terutama dari Tariqah Naqsyabandiyah, yang juga
pernah diterimanya.
RIWAYAT SINGKAT SYEIKH TOLHAH BIN THOLABUDDIN
Lahir di Desa Trusmi, kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon
di perkirakan tahun 1825.
Ayahnya bernama KH. Tolabuddin, lahir di Desa
Trusmi putera dari KH. Radpuddin keturunan Pangeran Trusmi putera Sunan
Gunungjati.
Mengikuti pendidikan agama, diawali di Pesantren Rancang
(pesantren ayahnya), kemudian melanjutkan ke Pesantren Ciwaringin (semuanya
masih diwilayah Kabupaten Cirebon) kemudian melanjutkan ke Pesantren Lirboyo di
Ponorogo-Jawa Timur, kemudian meneruskan di Gresik-Jawa Timur, dari Gresik pulang
dahulu mengajar di Pesantren Rancang mrmbsntu ayahnya. Selanjutnya pergi
menunaikan ibadah Haji dan terus mukim di Mekkah, mempelajari Tasawuf dan
Tariqah dari Syekh Ahmad Khatib Sambas Ibn. Abdul Gaffar khusus tentang Tariqah
Qadiriyah Naqsyabandiyah (TQN) hingga mencapai kedudukan sebagai wakil Talqin dan
membantu Syekh Ahamd Khatib Sambas beberapa waktu lamanya.
Diperkirakan tahun 1873 kembali dari Mekah mengajar
di Pesantren Rancang.
Sekitar tahun 1876 mendirikan pesantren di Begong, Desa
Kalisapu, Kabupaten Cirebon.
Berangkat ke Mekah untuk kedua kalinya, kembali
dari Mekah berhenti beberapa waktu lamanya di Singapura kerana kapalnya rusak.
Sempat memberi pelajaran tentang TQN di Singapura.
Dari pernikahan dengan isteri-isterinya dikaruniai
anak 18 laki-laki, 8 perempuan dan punya cucu 69 orang (sebagian kecil masih
hidup)
Menjadi penasihat dan pembimbing keagamaan di Kesultanan
Kasepuhan Cirebon, Bupati Kuningan 1892 dan bagi para pejabat tinggi
pemerintahan dan para bangsawan di Cirebon.
Meninggal dunia tahun 1935 dimakamkan di kompleks pemakaman
Gunungjati.
RIWAYAT SINGKAT SYEKH ABDULLAH MUBAROK
BIN NUR MUHAMMAD (ABAH SEPUH)
Lahir sekitar tahun1836 di Kampung Cicalung, Desa Bojongbentang
Kecamatan Pagarageung, Kabupaten Tasikmalaya.
Ayahnya bernama Rd. Nur Muhammad alias Nurpraja alias
Eyang Upas. Ibunya bernama Ny. Emah
Mengikuti pendidikan agama pertama kali di
Pesantren Sukamiskin (Kabupaten Bandung). Setelah mendirikan Pesantren
Tundangan dekat Kota Tasikmalaya kemudian melanjutkan menambah ilmu, iaitu
memperdalam ilmu Tasawuf dan Tariqah kepada Syekh Tolhah di Begong, Kalisapu
dan Trusmi di Cirebon selama 23 tahun.
Berkunjung ke Syekh Kholil di Madura sambil menambah
ilmu atas ajaran syekh Tolhah.
Mendirikan pesantren Godebag yang kemudian diganti menjadi
Suryalaya tahun 1905 atas saran Syekh Tolhah.
Diangkat sebagai Wakil Syekh Tolhah, kemudian ditetapkan
sebagai penggantinya sekitar tahun 1900. Pelantikan dilaksanakan di rumah Syekh
Tolhah di Trusmi (dekat dengan Pangeran Trusmi putera Sunan Gunungjati)
Tahun 1935 Syekh Mubarok secara definitif sebagai Khalifah
TQN di Jawa Barat berkedudukan di Suryalaya- Tasikmalaya
Beberapa kali pergi Haji dan pernah bermukim di
Mekah sekalipun tidak lama.
Memilki keahlian dalam bidang pertanian, pengarian
dan perkikanan di luar ilmu agama. Irigasi pedesaan sepanjang 2 km berhasil
dibangun.
Menjadi guru, pembimbing dan penasehat Bupati Tasikmalaya,
Ciamis dan Bandung tahun 1910 hingga tahun 1930 serta para pejabat tinggi
pemerintah dan perwira TNI pada masa perang kemerdekaan 1945-1949 dan berlanjut
hingga tahun 1956.
Berhasil mengusahakan pembuburan Negara Pesundan dan
Republik Indonesia serikat tahun 1950 serta mengembalikan Pemerintah Propinsi
Jawa Barat Republik Indonesia dengan dipimpin Gubernur Sewaka.
RIWAYAT SINGKAT SYEIKH KIYAI H AHMAD SHOHIBULWAFA TAJUL ARIFIN
(ABAH ANOM)
Lahir tanggal 1 Januari 1915 di Kampung Godebag/
Suryalaya, Desa Tangjungkerta, Kecamatan Pagarageung, Kabupaten Tasikmalaya.
Ayahnya bernama Syekh H. Abdullah Mubarok Bin Nur
Muhammad, Ibunya bernama Hj. Juhriyah.
Mengikuti pendidikan umum di Sekolah Dasar Zaman
Belanda (Vervoleg School) di Ciamis (1923-1929), masuk Madrasah Tsanawiyah di
Ciawi Kabupaten Tasikamalya
(1929-1931),
menambah ilmu agama di Pesantren Cicariang di Kabupaten, Cianjur, kemudian di
Gentur – Cianjur, kemudian ke Jambudiba –Cianjur, kemudian di Pesantren
Cireungas-Cimalati Kabupaten Sukabumi
(khusus
ilmu Hikmat, ilmu tarekat dan ilmu beladiri, Silat) dari KH. Aceng Mumu,
kemudian di Pesantren Citengah –Panjalu Kabupaten Ciamis.
Melaksanakan riyadah dan ziarah ke makam para wali
atas perintah ayahnya sambil menimba ilmu di Pesantren Kaliwungu-Kendal-Jawa
Tengah, kemudian di Bangkalan Madura bersama kakak kandungnya H.A Dahlan dan
wakil Abah Sepuh KH Pakih dari Talaga Majalengka.
Tahun 1938 menunaikan ibadah haji ke Mekah bersama
KH. Simri Hasanudin (keponakannya yang kemudian menjadi Kepala Desa
Tanjungkerta)
Di Mekah selama 7 bulan memperdalam ilmu Tasawuf
dan Tariqah kepada Syekh H. Romli asal Garut, wakil Abah Sepuh yang mukim di
Jabal Gubeys, Mekah.
Tahun 1939 membantu ayahnya mengajar di Pesantren
Suryalaya, 1945-1949 turut berjuang menegakkan kemerdekaan.
Tahun 1953 ditugaskan memimpin Pesantren Suryalaya
sekaligus diangkat sebagai wakil Abah Sepuh.
Tahun 1953-1962 turut aktif mengatasi gangguan
keamanan yang diakibatkan oleh gerombolan DI/TII Karto Suwiryo bersama pasukan
TNI Yon 329/11 April
Resimen
Gunungjati. Mendapat penghargaan atas jasa di bidang keamanan.
Tahun 1962-1995 aktif membantu pemerintah
melaksanakan pembangunan dalam bidang : Pertanian, Pendidikan, Lingkungan
Hidup, Sosoial, Kesehatan, Koperasi dan Politik. Banyak menerima penghargaan
dari pemerintah untuk bidang-bidang tersebut, seperti Satya Lencana Bakti
Sosial, Kabupaten dan lain-lainnya.
Sejak tahun 1980 hingga sekarang telah membangun 22
Inabah (Rehabilitasi remaja korban Narkotika) dan menyembuh +9000 remaja sakit
akibat Narkotika, Inabah tersebar di Singapura dan Malaysia.
Berhasil mengembangkan TQN ke luar Negara
(Singapura, Malaysia, Brunei dan Thailand)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar