1.
Bagaimana pemasaran
mempengaruhi nilai pasar ?
Jawaban:
Pengertian
Kotler dan Keller (2009: 14) menyatakan bahwa nilai pelanggan
merupakan kombinasi kualitas, pelayanan, harga dari suatu penawaran produk .
Nilai terhantar pada pelanggan adalah selisih antara jumlah nilai bagi
pelanggan dan jumlah biaya dari pelanggan, dan jumlah nilai bagi pelanggan
adalah sekelompok keuntungan yang diharapkan pelanggan dari barang atau jasa
tertentu.
Pemasaran juga mencakup kepuasan atas kebutuhan dan keinginan konsumen.
Tugas dari segala jenis bisnis adalah menyerahkan nilai pelanggan untuk
mendapat laba. Dalam ekonomi yang hiperkompetitif, dengan semakin banyak
pembeli rasional yang berhadapan dengan banyak sekali pilihan, sebuah
perusahaan dapat menang hanya dengan menyetel dengan baik proses penyerahan nilai serta memilih, menyediakan, dan
mengomunikasikan nilai superior.
2.
Bagaimana
perencanaan strategis dilaksanakan pada berbagai tingkat organisasi yang
berbeda ?
Jawaban:
1.
Tingkat
Korporat : panduan seluruh perusahaan, penentuan dan alokasi sumber daya divisi
serta menilai peluang pertumbuhan
2.
Tingkat
Divisi : alokasi dana tiap bisnis unit
3.
Tingkat
Unit Bisnis : rencana pemasaran strategis
4.
Tingkat
Produk : rencana pemasaran taktis
Perencanaan strategis dilaksanakan pada tingkatan yang berbeda dalam
organisasi:-
1.
Merupakan satu bisnis tunggal atau kumpulan bisnis yang
berhubungan ayng dapatdirencanakan terpisah dari bagian perusahaan lain-
2.
Mempunyai kelompok pesaing sendiri-
3.
Mempunyai manajer yang bertanggungjawab atas perencanaan
strategis, kinerjalaba, dan mengendalikan sebagian besar faktor yang
mempengaruhi laba
3.
Apa
cakupan rencana pemasaran ?
Jawaban:
Yang termasuk dalam rencana
pemasaran :
ü Rangkuman eksekutif dan
daftar isi
ü Analisis situasi
ü Strategi pemasaran
ü Proyeksi keuangan
ü Kendali implementasi
4.
Mengapa pemasaran penting ?
Jawaban:
Karena Pemasaran
merupakan faktor penting untuk mencapai sukses bagi perusahaan akan mengetahui
adanya cara dan falsafah yang terlibat didalamnya. Cara dan falsafah baru ini
disebut konsep pemasaran (marketing concept). Konsep pemasaran tersebut dibuat
dengan menggunakan tiga faktor dasar yaitu:
1. Saluran perencanaan dan kegiatan perusahaan harus berorientasi
pada konsumen / pasar.
2. Volume penjualan yang menguntungkan harus menjadi tujuan
perusahaan, dan bukannya volume untuk kepentingan volume itu sendiri.
3. Seluruh kegiatan pemasaran dalam perusahaan harus
dikoordinasikan dan diintegrasikan secara organisasi.
Pemasaran adalah
suatu proses sosial dan manajerial dengan mana individuindividu dan
kelompok-kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui
penciptaan, penawaran dan pertukaran produk-produk yang bernilai (Kotler 2002:
5)
5.
Apa saja konsep dasar dalam
pemasaran ?
Jawaban:
Konsep pemasaran mengatakan bahwa kunci untuk mencapai tujuan
organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta
memberikan kepuasaan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien
dibandingkan para pesaing.
Konsep pemasaran yang telah
diungkapkan dengan berbagai cara:
1.
Temukan keinginan
pasar dan penuhilah.
2.
Buatlah apa yang
dapat dijual dan jangan berusaha menjual apa yang dapat dibuat.
3.
Cintailah
pelanggan, bukan produk anda.
4.
Lakukanlah menurut
cara anda (Burger king)
5.
Andalah yang
menentukan (United Airlines)
6.
Melakukan
segalanya dalam batas kemampuan untuk menghargai uang pelanggan yang sarat
dengan nilai, mutu dan kepuasan (JC. Penney).
Dalam pemasaran terdapat enam
konsep yang merupakan dasar pelaksanaan kegiatan pemasaran suatu organisasi
yaitu : konsep produksi, konsep produk, konsep penjualan, konsep pemasaran,
konsep pemasaran sosial, dan konsep pemasaran global.
1.
Konsep produksi
Konsep produksi berpendapat
bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia dimana-mana dan harganya
murah. Konsep ini berorientasi pada produksi dengan mengerahkan segenap upaya
untuk mencapai efesiensi produk tinggi dan distribusi yang luas. Disini tugas
manajemen adalah memproduksi barang sebanyak mungkin, karena konsumen dianggap
akan menerima produk yang tersedia secara luas dengan daya beli mereka.
2.
Konsep produk
Konsep produk mengatakan bahwa
konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu, performansi dan ciri-ciri
yang terbaik. Tugas manajemen disini adalah membuat produk berkualitas, karena
konsumen dianggap menyukai produk berkualitas tinggi dalam penampilan dengan
ciri – ciri terbaik
3.
Konsep penjualan
Konsep penjualan berpendapat
bahwa konsumen, dengan dibiarkan begitu saja, organisasi harus melaksanakan
upaya penjualan dan promosi yang agresif.
4.
Konsep pemasaran
Konsep pemasaran mengatakan
bahwa kunsi untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan
dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan secara
lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing.
5.
Konsep pemasaran
sosial
Konsep pemasaran sosial
berpendapat bahwa tugas organisasi adalah menentukan kebutuhan, keinginan dan
kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan dengan cara
yang lebih efektif dan efisien daripasda para pesaing dengan tetap melestarikan
atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.
6.
Konsep Pemasaran
Global
Pada konsep pemasaran global
ini, manajer eksekutif berupaya memahami semua faktor- faktor lingkungan yang
mempengaruhi pemasaran melalui manajemen strategis yang mantap. tujuan akhirnya
adalah berupaya untuk memenuhi keinginan semua pihak yang terlibat dalam
perusahaan.
6.
Apa tugas yang diperlukan
untuk menajemen pemasaran yang berhasi ?
Jawaban:
ü Mengembangkan strategi dan
rencana pemasaran
ü Menangkap pemahaman
pemasaran
ü Berhubungan dengan
pelanggan
ü Membangun merek yang kuat
ü Membentuk penawaran pasar
ü Menghantarkan nilai
ü Mengkomunikasikan nilai
Menciptakan
pertumbuhan jangka panjang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar