Rabu, 01 Oktober 2014

Manajemen Pemasaran Quis ke-2

1.     Bagaimana pemasaran mempengaruhi nilai pasar ?
Jawaban:
Pengertian
Kotler dan Keller (2009: 14) menyatakan bahwa nilai pelanggan merupakan kombinasi kualitas, pelayanan, harga dari suatu penawaran produk . Nilai terhantar pada pelanggan adalah selisih antara jumlah nilai bagi pelanggan dan jumlah biaya dari pelanggan, dan jumlah nilai bagi pelanggan adalah sekelompok keuntungan yang diharapkan pelanggan dari barang atau jasa tertentu.
                Pemasaran juga mencakup kepuasan atas kebutuhan dan keinginan konsumen. Tugas dari segala jenis bisnis adalah menyerahkan nilai pelanggan untuk mendapat laba. Dalam ekonomi yang hiperkompetitif, dengan semakin banyak pembeli rasional yang berhadapan dengan banyak sekali pilihan, sebuah perusahaan dapat menang hanya dengan menyetel dengan baik proses penyerahan    nilai serta memilih, menyediakan, dan mengomunikasikan nilai superior.        

2.      Bagaimana perencanaan strategis dilaksanakan pada berbagai tingkat organisasi yang berbeda ?
Jawaban:
1.      Tingkat Korporat : panduan seluruh perusahaan, penentuan dan alokasi sumber daya divisi serta menilai peluang pertumbuhan
2.      Tingkat Divisi : alokasi dana tiap bisnis unit
3.      Tingkat Unit Bisnis : rencana pemasaran strategis
4.      Tingkat Produk : rencana pemasaran taktis
Perencanaan strategis dilaksanakan pada tingkatan yang berbeda dalam organisasi:- 
1.      Merupakan satu bisnis tunggal atau kumpulan bisnis yang berhubungan ayng dapatdirencanakan terpisah dari bagian perusahaan lain-
2.      Mempunyai kelompok pesaing sendiri- 
3.      Mempunyai manajer yang bertanggungjawab atas perencanaan strategis, kinerjalaba, dan mengendalikan sebagian besar faktor yang mempengaruhi laba

3.      Apa cakupan rencana pemasaran ?
Jawaban:
Yang termasuk dalam rencana pemasaran :
ü  Rangkuman eksekutif dan daftar isi
ü  Analisis situasi
ü  Strategi pemasaran
ü  Proyeksi keuangan
ü  Kendali implementasi

4.     Mengapa pemasaran penting ?
 Jawaban:
            Karena Pemasaran merupakan faktor penting untuk mencapai sukses bagi perusahaan akan mengetahui adanya cara dan falsafah yang terlibat didalamnya. Cara dan falsafah baru ini disebut konsep pemasaran (marketing concept). Konsep pemasaran tersebut dibuat dengan menggunakan tiga faktor dasar yaitu: 
1. Saluran perencanaan dan kegiatan perusahaan harus berorientasi pada konsumen / pasar. 
2. Volume penjualan yang menguntungkan harus menjadi tujuan perusahaan, dan bukannya volume untuk kepentingan volume itu sendiri. 
3. Seluruh kegiatan pemasaran dalam perusahaan harus dikoordinasikan dan diintegrasikan secara organisasi. 
            Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial dengan mana individuindividu dan kelompok-kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan, penawaran dan pertukaran produk-produk yang bernilai (Kotler 2002: 5)

5.     Apa saja konsep dasar dalam pemasaran ?
 Jawaban:
            Konsep pemasaran mengatakan bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasaan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing.
Konsep pemasaran yang telah diungkapkan dengan berbagai cara:
1.      Temukan keinginan pasar dan penuhilah.
2.      Buatlah apa yang dapat dijual dan jangan berusaha menjual apa yang dapat dibuat.
3.      Cintailah pelanggan, bukan produk anda.
4.      Lakukanlah menurut cara anda (Burger king)
5.      Andalah yang menentukan (United Airlines)
6.      Melakukan segalanya dalam batas kemampuan untuk menghargai uang pelanggan yang sarat dengan nilai, mutu dan kepuasan (JC. Penney).
Dalam pemasaran terdapat enam konsep yang merupakan dasar pelaksanaan kegiatan pemasaran suatu organisasi yaitu : konsep produksi, konsep produk, konsep penjualan, konsep pemasaran, konsep pemasaran sosial, dan konsep pemasaran global.
1.      Konsep produksi
Konsep produksi berpendapat bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia dimana-mana dan harganya murah. Konsep ini berorientasi pada produksi dengan mengerahkan segenap upaya untuk mencapai efesiensi produk tinggi dan distribusi yang luas. Disini tugas manajemen adalah memproduksi barang sebanyak mungkin, karena konsumen dianggap akan menerima produk yang tersedia secara luas dengan daya beli mereka.
2.      Konsep produk
Konsep produk mengatakan bahwa konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu, performansi dan ciri-ciri yang terbaik. Tugas manajemen disini adalah membuat produk berkualitas, karena konsumen dianggap menyukai produk berkualitas tinggi dalam penampilan dengan ciri – ciri terbaik
3.      Konsep penjualan
Konsep penjualan berpendapat bahwa konsumen, dengan dibiarkan begitu saja, organisasi harus melaksanakan upaya penjualan dan promosi yang agresif.
4.      Konsep pemasaran
Konsep pemasaran mengatakan bahwa kunsi untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing.
5.      Konsep pemasaran sosial
Konsep pemasaran sosial berpendapat bahwa tugas organisasi adalah menentukan kebutuhan, keinginan dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan dengan cara yang lebih efektif dan efisien daripasda para pesaing dengan tetap melestarikan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.
6.      Konsep Pemasaran Global
Pada konsep pemasaran global ini, manajer eksekutif berupaya memahami semua faktor- faktor lingkungan yang mempengaruhi pemasaran melalui manajemen strategis yang mantap. tujuan akhirnya adalah berupaya untuk memenuhi keinginan semua pihak yang terlibat dalam perusahaan.

6.     Apa tugas yang diperlukan untuk menajemen pemasaran yang berhasi ?
 Jawaban:
ü  Mengembangkan strategi dan rencana pemasaran
ü  Menangkap pemahaman pemasaran
ü  Berhubungan dengan pelanggan
ü  Membangun merek yang kuat
ü  Membentuk penawaran pasar
ü  Menghantarkan nilai
ü  Mengkomunikasikan nilai
Menciptakan pertumbuhan jangka panjang 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar